-->
  • Agama adalah nasihat


    عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْم الدَّارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ . قُلْنَا لِمَنْ ؟ قَالَ : لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ .

    [رواه البخاري ومسلم]

    Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Agama adalah nasehat, kami berkata : Kepada siapa? beliau bersabda: Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpan kaum muslimin dan rakyatnya.

    (Riwayat Bukhari dan Muslim)
    Dinukil dari kitab Arba'in An-Nawawi no 7 bab agama adalah nasihat


    Catatan:
    Agama Islam berdiri tegak diatas upaya saling menasihati, maka harus selalu saling menasihati diantara masing-masing individu muslim. Nasihat wajib dilakukan sesuai kemampuannya. Menurut para Ulama, nasihat bagi Allah, artinya berpaling kepada keimanan Allah, menafikan syirik dari-Nya, mensifati-Nya dengan semua sifat sifat sempurna dan mulia, mensucikannya dengan segala jenis kekurangan, menaati-Nya dan tidak berbuat maksiat kepada-Nya, cinta karena-Nya dan benci karena-Nya, mencintai siapa yang menaati-Nya, dan membenci siapa yang memusuhi-Nya. mengakui segala nikmat-Nya.

    Nasihat untuk Rasul-Nya ialah membenarkan risalahnya,mengimani segala apa yang dibawanya, menaatinya dalam perintah dan larangannya, membelanya semasa hidup dan sesudah matinya, memusuhi siapa yang bermemusuhinya, dan mencinti siapa yang mencintainya.  Adapun nasihat untuk pemimpin kaum muslimin ialah membela mereka atas dasar kebenaran, menaati mereka dalam kebenaran, mengingatkan mereka dengan lemah lembut, memberi tahu mereka tentang apa yang mereka lalaikan, dan yang belum mereka sampaikan,  berupa hak-hak kaum muslimin.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment